46 Panwaslu Kelurahan Se-Kota Palu Serentak Dilantik

Pelantikan Panwaslu Kelurahan Serentak Se-Kota Palu di Hotel Grand Duta, Rabu (17/03/2020)

PALU – Sebanyak 46 Panwaslu Kelurahan terpilih dari 8 kecamatan di Kota Palu yang nantinya akan betugas di masing-masing kelurahan di wilayah Kota Palu resmi dilantik.

Kegiatan pelantikan yang digelar Selasa (17/3/2020) di salahsatu hotel di Kota Palu ini disaksikan langsung Anggota Bawaslu Sulteng Divisi Penyelesaian Sengketa Darmiati, Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta serta Anggota Bawaslu Kota Palu Fadlan juga Plt. Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Palu Sakila Labengnga.

Prosesi Pelantikan Panwaslu Kelurahan Serentak Se-Kota Palu, Rabu (17/03/2020)

Dalam prosesi pelantikan, ke 46 PKD tersebut dilantik oleh Ketua Panwascam masing-masing wilayah kecamatan tempat mereka bekerja untuk nantinya melakukan pengawasan di tingkat kelurahan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu tahun 2020.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta menerangkan bahwa periode terakhir Pilkada adalah ditahun 2020 karena nantinya di 2024 Pemilihan akan dilaksanakan secara serentak.

Kepada Panwaslu Kelurahan yang baru dilantik tersebut Ivan berharap agar integritas dan kerja yang profesional harus dikedepankan dalam melaksanakan tugas.

“ini adalah ujian bagi kita semua untuk menjaga profesional dan integrias diri maupun kelembagaan sehingga kerja-kerja kita ke depan ini alan lebih baik lagi” kata Ivan.

Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta beri sambutan di Pelantikan Panwaslu Kelurahan Serentak Se-Kota Palu, Rabu (17/03/2020)

Anggota Bawaslu Sulteng Divisi Penyelesaian Sengketa Darmiati yang secara resmi membuka kegiatan Pelantikan dan Bimtek tersebut menyampaikan kepada Panwaslu Kelurahan agar membangun komunikasi dengan Pemerintah dan PPS diwilayah mereka bekerja.

“setelah ini, silahkan berkoordinasi dengan pemerintah setempat yakni lurah dan penyelenggara pemilu setempat yakni PPS juga diperhatikan tahapan-tahapan di tingkat kelurahan,” kata Darmiati.

Dalam kesempatan itu Darmiati mengatakan pekerjaan yang akan segerah dihadapi oleh Panwaslu Kelurahan adalah pengawasan pada rekrutmen pantarlih. Panwaslu Kelurahan memastikan Pantarlih yang direkrut tidak memiliki kepentingan dengan pencalonan.

“dipastikan Pantarlih tersebut tidak terlibat dengan kepentingan-kepentingan, pastikan dia bukan tim dari pasangan calon, pastikan dia tidak berafiliasi dengan kepentingan pencalonan.” kata Darmiati.

Anggota Bawaslu Sulteng Divisi Penyelesaian Sengketa Darmiati beri sambutan dan membuka secara resmi Pelantikan Panwaslu Kelurahan Serentak Se-Kota Palu, Rabu (17/03/2020)

Darmiati menerangkan bahwa tugas yang dimiliki Panwaslu Kelurahan tidaklah mudah mengingat Panwaslu Kelurahan akan berhadapan langsung dengan masyarakat di lapangan.

“tugas teman-teman Panwaslu Kelurahan ini adalah tugas yang sangat sulit karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Karena bisa jadi yang berkepentingan memiliki hubungan kekerabatan dengan Panwaslu Kelurahan itu sendiri,” terangnya.

Kegiatan Pelantikan ini juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait hal-hal yang menjadi tugas Panwaslu Kelurahan di lapangan nantinya. ***

Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta menjadi narasumber di kegiatan Bimbingan Teknis Panwaslu Kelurahan Serentak Se-Kota Palu, Rabu (17/03/2020)

Galeri Foto-Foto Kegiatan >> Lihat

Author: admin1