Hari Pertama Kerja, Bawaslu Se-Sulteng Gelar Halal BI Halal

Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Palu bersama staf turut hadir dalam Halal Bi Halal yang digelar Bawaslu Sulteng melalui Daring dari Kantor Sekretariat BAwaslu Kota Palu, Selasa (26/5/2020).

PALU – Bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar sesama pengawas pemilu di Sulawesi Tengah, kegiatan Halal Bi Halal pada momen hari raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M digelar dengan dihadiri Anggota Bawaslu Republik Indonesia Ratna Dewi Pettalolo serta seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah, Selasa (26/5/2020).

Tiga Komisioner beserta Bendahara Pengeluaran Bawaslu Kota Palu turut hadir dalam Halal Bi Halal secara Daring oleh Bawaslu Sulteng, Selasa (26/5/2020)

Dilaksanakannya Halal Bi Halal dengan metode Dalam Jaringan (Daring) ini sendiri diharapkan tidak akan mengurangi esensi halal bi halal serta tugas-tugas yang pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah Ruslan Husen dalam kesempatan tesebut.
“Kegiatan yang dilakukan secara Daring ini tidak mengurangi esensi Halal Bi Halal dan juga pelaksanaan tugas tugas dan wewenang kita sebagai pengawas pemilu” Kata Ruslan.

Ruslan menerangkan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi Pilkada nanti, diantaranya jajaran Bawaslu baik yang ada di tingkatan kota, Kecamatan maupun desa atau kelurahan hingga kepada pengawas TPS harus segera dipersiapkan instrumen untuk diaktifkan kembali. Hal ini berkaitan dengan PKPU tahapan yang merupakan tidaklanjut dari PKPU Nomor 2 tahun 2020 yang memberikan dasar hukum pelaksanaan Plkada pada masa Covid-19.

(dalam tampilan aplikasi Zoom) Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen beri sambutan pada kegiatan Halal Bi Halal secara Daring oleh Bawaslu Sulteng, Selasa (26/5/2020)

Kemudian yang perlu disiapkan adalah hal-hal terkait integritas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penyelenggara Pemilu dimana yang telah terpilih untuk tidak main-main dengan tugas dan amanah yang telah diberikan.

Hal berikutnya adalah kapasitas, menurutnya situasi pandemik ini dapat dimanfaatkan untuk belajar dan mengasah kemampuan agar nantinya dapat lebih bermanfaat ketika tahapan Pemilu mulai bergulir kembali nantinya.
“ini adalah momentumya untuk belajar, sehingga jika dibutuhkan nanti akan sangat bermanfaat layaknya pisau yang baru selesai diasah,” papar Ruslan.

Ia menambahkan yang tidak kalah pentingnya juga adalah perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan partisipasi pemilih dengan memanfaatkan media Daring untuk menggalang partisipasi pemilih.

(dalam tampilan aplikasi Zoom) Anggota Bawaslu Sulteng Sutarmin menjadi pembicara pada kegiatan Halal Bi Halal secara Daring oleh Bawaslu Sulteng, Selasa (26/5/2020)

Dalam kegiatan Daring ini sendiri, yang bertindak sebagai pembicara adalah Anggota Bawaslu Sulteng Sutarmin yang membahas tetang Kesiapan Pengawasan Pilkada. Dalam pemaparannya terkait Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 ditengah ketidak pastian tahapan yang disebabkan oleh wabah Covid-19 diharapkan program-program yang dilakukan oleh Bawaslu Sulawesi Tengah dapat berkolaborasi memalui kerjasama lebaga, sekaligus menggalang inisiatif dari masyarakat dalam hal ini pencegahan dan pengawasan partisipatif yang dianggap sangat penting, hal ini karena dengan melihat ada banyaknya informasi dari tingkat kabupaten/kota terkait adanya pelanggaran yang dilakukan. ***

Author: bawaslukotapalu