Ratna Dewi Pettalolo: 6 Faktor Pendukung Pemilihan Berkualitas

PALU – Tantangan pengawasan Pelaksanaan Pilkada di Sulawesi tengah dianggap tidak mudah, selain Pandemik virus Covid19, secara geografis Sulawesi Tengah memiliki kabupaten, kecamatan, desa, kelurahan yang tersebar, terpencil serta masih ada yang memiliki akses transportasi yang terbatas, selain itu, Sulawesi Tengah juga memiliki pemilih yang tinggal di dataran tinggi yang tidak mudah di jangkau ditambah lagi ada beberapa wilayah memiliki sungai yang cukup banyak. Hal tersebut diungkapkan Angota Bawaslu Republik Indonesia Ratna Dewi Pettalolo dalam sambutan dan arahannya pada kegiatan Halal Bi Halal Bawaslu Se-Sulteng melalui media Dalam Jaringan (Daring), Selasa (26/5/2020).

Dewi memaparkan terkait kepastian pelaksanaan tahapan Pilkada 2020, bahwa memang telah dikeluarkannya Perpu Nomor 2 tahun 2020 yang mengatur terkait tahapan pelaksanaan Pilkada 2020, namun didalam Perpu tersebut masih memungkinkan untuk dilakukan penundaan pelaksanaan Pilkada dengan memperhatikan situasi perkembangan Pandemik Covid-19 di Indonesia.

“walaupun hari ini belum ada kepastian kelanjutan tahapan Pilkada tahun 2020, memang telah dikeluarkan Perpu Nomor 2 tahun 2020 tetapi masih ada ruang yang dibuka dalam Perpu Nomor 2 itu bahwa jika kondisi Covid-19 belum memungkinkan maka akan dilakukan penundaan kembali. Namun jika memperhatikan perkembangan pemberitaan terakhir, dirasa sangat optimis Pilkada 2020 dapat dilakukan sesuai yang ada pada Perpu Nomor 2 tahun 2020,” papar Dewi.

(dalam tampilan aplikasi Zoom) Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo beri sambutan & arahan pada kegiatan Halal Bi Halal secara Daring oleh Bawaslu Sulteng, Selasa (26/5/2020)

Ia pun mengungkapkan di sisi lain, terkait pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 terdapat kelompok masyarakat yang meminta dukungan masyarakat untuk menolak pelaksanaan pemilihan di tahun 2020 dengan pertimbangan akan ada nantinya pihak-pihak yang diuntungkan di tengah situasi pandemik Covid-19.
Selain itu, menurut Dewi untuk mencapai penyeleggaraan Pilkada yang berkualitas dibutuhkan beberapa faktor pendukung yang harus segera disiapkan dalam menyukseskan Pilkada 2020.

“Pilkada yang berkualitas dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung yakni kesiapan regulasi, kesiapan sumber daya manusia, kesiapan anggaran, kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan masyarakat dan kesiapan pemerintah daerah sendiri,“ ujarnya.***

Tiga Komisioner beserta Bendahara Pengeluaran dan staf Bawaslu Kota Palu turut hadir dalam Halal Bi Halal secara Daring oleh Bawaslu Sulteng, Selasa (26/5/2020)

Author: bawaslukotapalu