RAPAT DARING OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI KEHUMASAN BAWALSU TAHUN 2020

PALU – Bawaslu RI gelar kegiatan Rapat terkait Optimalisasi Peran dan Fungsi Kehumasan Bawalsu Tahun 2020 bersama Bawaslu Sulteng serta Bawaslu Kabupaten Kota se-Sulteng, Selasa (09/6/2020).

Narasumber pada kegiatan yang digelar secara Darin ini sendiri yakni Kepala Biro H2PI Bawaslu RI Ferdinan Eskol Tiar Sirait, Kabag Kehumasan Bawaslu RI Hengky Pramono, Kasubag Humas Bawaslu RI Ali Imron serta Kasubag Hubungan Antar Lembaga Bawaslu RI Dewo Alief.

Dalam materinya Ferdinan menerangkan bahwa masa Pandmi Covid-19 secara tidak langsung mengubah orang-orang dalam melakukan komunikasi kelompok, yakni melakukan pertemuan melalui teknologi sambungan video telekomfenrensi yang sebelumnya selalu dilakukan dengan cara tatap muka. Oleh karenanya kehumasan pun didorong untuk tidak ketinggalan terhadap perkembangan bentuk-bentuk komunikasi yang dilakukan menggunakan teknologi ini.

Kepala Biro H2PI Bawaslu RI Ferdinan Eskol Tiar Sirait menjadi narasumber pada kegiatan rapat Kehumasan secara Daring , Selasa (09/6/2020).

“seemenjak masa pademi tanpa disadari adanya transformasi komunikasi telah berubah. Yang sebelumnya jika melakukan rapat harus bertemu tatap muka, sekarang hanya dilakukan dengan menggunakan media daring yang secara tidak langsung secara otomatis orang menjadi tahu bahwa ternyata ada media atau aplikasi komunikasi yang mampu memfasilitasi pertemuan seperti ini misalnya platform zoom ataupun googlemeet,” terang Ferdinan.

Humas dianggap perlu mengetahui informasi-informasi terbaru baik itu informasi yang ada di dalam lembaga ataupun dari luar yang berkaitan lembaga, untuk mengantisipasi adanya informasi negatif terkait dengan lembaga sesuai dengan peran Humas itu sendiri yakni menjaga citra lembaga. Hal ini disampaikan oleh Kabag Kehumasan Bawaslu RI Hengky Pramono.

Kabag Kehumasan Bawaslu RI Hengky Pramono menjadi narasumber pada kegiatan rapat Kehumasan secara Daring , Selasa (09/6/2020).

“peran Humas adalah mampu mengmbalikan berita-berita yang negatif yang berkembang di masyarakat, menjadi informasi yang positif tentang lembaga,” kata Hengky.

Pada dasarnya menjaga citra lembaga bukan hanya merupakan tugas Humas saja melainkan juga tugas bersama oleh seluruh stake holder yang ada lembaga Bawaslu sesuai dengan sistim kerja di Bawaslu yakni kolektif kolegial, halini diungkapkan oleh Kasubag Humas Bawaslu RI Ali Imron.

“menjaga citra Bawaslu dimata publik bukan hanya tugas Humas tetapi tugas semua divisi,” kata Ali.

“Humas bertindak sebagai fasilitator untuk menjembatani terkait apa yang harusnya disampaikan kepada publik. Informasi tentang kebijakan maupun kinerja apa yang dilakukan oleh Bawaslu adalah yang menjadi tugas Humas secara tugas dan fungsinya. Akan tetapi secara kelembagaan menjaga marwah atau citra bawaslu adalah tugas bersama,” jelas Ali.

Kasubag Humas Bawaslu RI Ali Imron menjadi narasumber pada kegiatan rapat Kehumasan secara Daring , Selasa (09/6/2020).

Ali menambahkan pada dasarnya keterbukaan, koordinasi dan komunikasi antar divisi harus saling mendukung dengan tugas-tugas kehumasan. Karena Humas melakukan tugas ini adalah untuk lembaga bukan hanya untuk divisi. Menurutnya Keberhasilan suatu divisi bukanlah keberhasilan divisi itu sendiri, melainkan keberhasilan secara kelembagaan.

Selain itu, Kasubag Hubungan Antar Lembaga Bawaslu RI Dewo Alief yang juga turut menjadi narasumber pada kegiatan rapat secara Daring ini menyampaikan bahwa hal yang tidak kalah pentingnya dalam peran Humas adalah membangun hubungan kemitraan dengan media massa karena atau pers. Karena tugas Humas dan Pers ini sendiri dianggap saling membutuhkan satu sama lain dalam menjalankan perannya masing-masing.

“antara Humas dan media itu memilki hubungan yang sama saling menguntungkan dalam istilahnya simbiosis mutualisme. dimana media membutuhkan Humas dalam mengakses narasumber, data lengkap serta latar belakang informasi. Sedangkan Humas membutuhkan penyampaian Informasi Publik ke khalayak secara luas,” terang Dewo.

Kasubag Hubungan Antar Lembaga Bawaslu RI Dewo Alief menjadi narasumber pada kegiatan rapat Kehumasan secara Daring , Selasa (09/6/2020).

Dari Bawaslu Kota Palu sendiri, turut hadir dalam Kegiatan rapat Daring ini yakni Anggota Bawaslu Kota Palu yang juga Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Munirah serta salah seorang staf Humas Bawaslu Kota Palu.***

Anggota Bawaslu Kota Palu Munirah ikuti kegiatan rapat Kehumasan secara Daring , Selasa (09/6/2020)

Author: bawaslukotapalu