TAHAPAN PILKADA 2020 BERLANJUT, BAWASLU KOTA PALU AKTIFKAN KEMBALI PANWASCAM DAN PKD

PALU – Setelah sebelumnya diNon-aktifkan sementara akibat dampak dari situasi Pandemi Covid-19, Bawaslu Kota Palu kembali mengaktifkan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kota Palu.

Pengaktifan kembali ini sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu RI serta Surat Edaran Bawaslu Sulteng yang menginstruksikan untuk mengaktifkan kembali Panwascam dan PKD sebelum waktu dimulainya kelanjutan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 yaitu pada tanggal 15 Juni 2020.

Dalam persiapan mengaktifkan kembali Panwascam dan PKD, Bawaslu Kota Palu terlebih dulu melakukan koordinasi dengan semua Panwascam se-Kota Palu untuk mengecek kembali kesiapan masing-masing PKD yang ada diwilayah kecamatan untuk kembali bekerja, bilamana ada yang mengundurkan diri untuk segera disiapkan pengganti.

Sebelumya, Panwascam dan PKD se-Kota Palu diNon-Aktifkan untuk sementara akibat dari tertundanya pelaksanaan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 yang disebabkan oleh situasi Pandemi Covid-19.

Dengan adanya PKPU No 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020, maka Panwascam dan PKD se-Kota Palu kembali diaktifkan.***

Author: bawaslukotapalu