BAWASLU KOTA PALU BERSIAP AWASI TAHAPAN PEMUTAKHIRAN DATA

PALU – Program Dialog Publik TVRI Sulawesi Tengah mengangkat tema Pemutakhiran Data Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah serta Walikota dan Wakil Walikota Palu tahun 2020 menghadirkan Narasumber yakni Anggota KPU Kota Palu Idrus dan Anggota Bawaslu Kota Palu Munirah digelar Sabtu (27/6/2020).

Langkah awal pengawasan tahapan pemilihan 2020 dilakukan Bawaslu Kota Palu yakni dengan mengaktifkan kembali Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang akan bertugas melakukan pengawasan ditahapan awal ini yakni pengawasan pemutakhiran data.

Dalam Hal Pemutakhiran data, Bawaslu Kota Palu terus melakukan koordinasi dengan beberapa lembaga terkait, diantaranya yakni Dukcapil terkait jumlah penduduk yang telah melakukan perekaman atau juga jumlah yang belum melakukan perekaman namun sudah memiliki hak pilih. Selain Dukcapil, Koordinasi juga dilakukan dengan TNI dan Polri misalnya saja untuk mengetahui jumlah yang telah pensiun yang nantinya dapat menggunakan hak pilih kembali ataupun jumlah yang masih aktif yang tidak diperbolehkan menggunakan hak pilih.

Selain itu, anggota Bawaslu Kota Palu Munirah mengatakan Bawaslu Kota Palu juga telah menyediakan pelayanan laporan kepada masyarakat Kota Palu, jika nantinya terdapat pelanggaran Pemilu terjadi di lapangan, maka masyarakat dapat melapor ke Bawaslu Kota Palu ataupun juga ke Panwascam yang ada di masing-masing Kecamatan.
“jadi kami Bawalsu Kota Palu membuka ruang (pelayanan laporan pelanggaran, red) dan juga di delapan kecamatan di Kota Palu,” Kata Munirah.

Anggota Bawaslu Kota Palu Munirah dalam Program Dialog Publik TVRI Sulteng, Sabtu (27/6/2020)

Hal lain yang juga telah disiapkan oleh Bawaslu Kota Palu dalam memulai pengawasan tapahan Pemilihan 2020 yakni kembali membagun sinergitas dan penguatan fungsi koordinasi di tim Gakkumdu Kota Palu yang terdiri dari Kejaksaan dan Kepolisian yang nantinya akan bertugas untuk tindak lanjut jika terjadi pelanggaran tindak pidana di lapangan.***

Author: bawaslukotapalu