TINGKATKAN MUTU PENGAWASAN, BAWASLU KOTA PALU GELAR BIMTEK PENINDAKAN PELANGGARAN

PALU – Bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengawasan tahapan Pemutakhiran Data Pemilih pada Pemilihan serentak 2020, Bawaslu Kota Palu gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penindakan Pelanggaran Untuk Pengawas Pemilihan Kelurahan dan Kecamatan Di Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, Selasa (28/7/2020).

Kegiatan yang mengundang Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) beserta staf penindakan pelanggara dan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) se-Kota Palu ini dihadiri Anggota Bawaslu Sulawesi Tengah Darmiati yang sekaligus membuka secara resmi membuka kegiatan Bimtek.

Dalam kesempatan tersebut Darmiati mengimbau kepada jajaran yang bertugas dilapangan agar betul-betul memperhatikan pengisian formulir hasil pengawasan yang merupakan sebagai gambaran yang memuat informasi situasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Serentak 2020 di lapangan.

Anggota Bawaslu Sulteng Darmiati beri sambutan sekaligus secara resmi membuka kegiatan Bimtek, Selasa (28/7/2020).

Selain itu, Darmiati juga mengimbau agar segala aktivitas pengawasan oleh jajaran Bawaslu di lapangan harus selalu merujuk pada dasar hukum dan aturan yang berlaku.

“jangan kita melakukan sesuatu yang tidak berdasar hukum. Dasar kita adalah PKPU, dasar kita adalah surat edaran, dasar kita adalah Undang-undang dan Perbawaslu”, jelas Darmiati.

Pengawasan pada tahapan pemutakhiran data pemilih yang telah berlangsung hingga dua pekan ini dianggap perlu lebih ditingkatkan lagi, hal ini mengingat didapati adanya sejumlah saran perbaikan yang dikeluarkan oleh jajaran Bawaslu Kota Palu terhadap capaian kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) selama tahapan pemutakhiran berlangsung. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta di hadapan para peserta Bimtek.

“jadi kita bekerja mengawasi ini bukan untuk melegitimasi kerja-kerja yang dilaksanakan oleh PPDP, tetapi kita melakukan pengawasan terhadap apa yang dilakukan oleh PPDP dengan mencatat terkait kejadian apa yang ada disitu. Keakuratan data pengawasan sangat perlu”, terang Ivan.

Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta menjadi narasumber di kegiatan Bimtek, Selasa (28/7/2020).

Kegiatan Bimbingan Teknis Penindakan Pelanggaran ini menghadirkan narasumber yakni anggota Tim Pemeriksa Daerah Provinsi (TPD) dari unsur Masyarakat Sulawesi Tengah Intam Kurnia yang membawakan materi terkait Pelanggaran Kode Etik Pemilu.

Anggota TPD Provinsi Intam Kurnia sebagai Narasumber di Kegiatan Bimtek , Selasa (28/7/2020).

Selain Intam Kurnia, ketiga Komisioner Bawaslu Kota Palu juga turut menjadi narasumber yakni Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta yang membawakan materi terkait Evaluasi Dugaan Pelanggaran Administrasi Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih, Anggota Bawaslu Kota Palu Fadlan terkait Bentuk dan Pola Pelanggaran dan selanjutnya Anggota Bawaslu Kota Palu Munirah yang menyampaikan hasil evaluasi pengawasan Pemutakhiran data selama tahapan Pemutakhiran data pemilih dimulai. Kegiatan ini sendiri digelar di salah satu hotel di Kota Palu. ***

Anggota Bawaslu Kota Palu Fadlan menjadi Narasumber di Kegiatan Bimtek, Selasa (28/7/2020).

Lihat Galeri Foto Kegiatan

Author: bawaslukotapalu